Senin, 07 Februari 2011

World's Greatest Dad

Genre : Black Comedy

Taken from http://www.imdb.com 
Saat awal membaca judul film ini dan melihat yang membintanginya, saya pikir ini adalah sebuah film komedi yang sangat lucu. Namun, perkiraan saya salah. Ini lebih cenderung ke film drama yang sungguh menyayat hati (meskipun banyak yang mengklasifikasikan film World’s Greatest Dad ini ke dalam genre black comedy). Film yang menyentuh dan saya mengagumi sosok seorang ayah dalam film ini.
Robin Williams memerankan Lance Clayton. Berprofesi sebagai penulis fiksi yang bukunya selalu ditolak untuk diterbitkan. Lance juga merupakan seorang ayah yang sangat sayang pada putra semata wayangnya Kyle (Daryl Sabara) meskipun anak lelakinya itu sungguh sangat menyebalkan dan suka melawan. Kyle remaja sangat pemberontak, kurang ajar dan sangat hobi bermasturbasi dengan cara-cara yang tidak lazim. Hingga suatu hari dia terbunuh akibat teknik bermasturbasinya. Lance yang tidak ingin publik tahu cara kematian anaknya kemudian membuat seolah-olah Kyle bunuh diri. Lance menulis surat kematian yang sungguh indah. Tanpa diduga, surat kematian fiktif itu menyebar ke sekolah Kyle lalu menjadi perbincangan publik. Lance semakin berpura-pura bahwa anaknya sungguh berbakat di bidang tulis-menulis. Dia selalu membuat seolah-olah tulisannya adalah karangan Kyle. Menggunakan nama Kyle, Lance akhirnya bisa menerbitkan buku. Namun, saat hendak melakukan peresmian perpustakaan sekolah yang dibangun pihak sekolah atas nama Kyle, Lance merasa sudah tidak ada gunanya berbohong lagi. Di acara itu dia membuka tabir yang sesungguhnya. Lance pun dihujat dan dihina. Meski begitu, dia merasa lega.

Jangan Tanya soal kualitas akting Robin Williams. Selalu mengagumkan. Daryl Sabara juga tampil mengesankan dalam film ini karena mampu membuat penonton benar-benar benci padanya. Berikut beberapa cuplikan percakapan antara Lance dan Kyle:
Lance Clayton : Come on now, Kyle, you must be passionate about something.
Kyle : You wanna know what I like? I like looking at vaginas.
Lance Clayton : Oh.
Kyle : All day long.
Kyle : Bruce Hornsby's a fag.
Lance Clayton : He's got kids Kyle.
Kyle : You have a kid. And you're a fag.
Kurang ajar kan? Tapi seorang ayah tetep sayang padanya, rela mempermalukan diri demi menjaga nama baik anaknya. Jadi, hormatilah orang tua kalian dan jangan pernah mengecewakan mereka.

Favorite quote: I used to think the worst thing in life was to end up all alone. It's not. The worst thing in life is ending up with people who make you feel all alone (Lance Clayton).(KeKAY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar