Selasa, 08 Februari 2011

Inception

Genre : Sci-fi Action


Pemeran utama :
Leonardo Dicaprio sebagai Don Cobb
Joseph Gordon L sebagai Arthur
Ellen page sebagai Ariadne
Tom Hardy sebagai Eames
Ken Watanabe sebagai Saito


Taken from wikipedia.com 
Satu kata untuk film ini "BERFIKIR". Ya benar, dengan sekali tonton mungkin tidak akan tercipta sensasi dari alur yang diciptakan. Ide yang sangat jenius untuk menciptakan plot seperti ini. Bahkan ketika pertama kali menonton di bioskop, ketika film berakhir beberapa penonton masih terbengong - bengong memikirkan ending cerita yang memang tidak nyata dan gamblang :)
Inception memang layak untuk dikatakan sebagai film dengan ide sangat jenius. Tema yang digunakan sebenarnya sangat sederhana yaitu MIMPI.Sesuatu yang bisa dipastikan setiap orang pernah mengalaminya. Ketika sebuah teknologi ditemukan, dimana mimpi dapat dibagi dan digunakan untuk memanipulasi pikiran seseorang mengenai apa yang nyata dan tidak nyata. Serta mimpi digunakan sebagai tempat untuk mengambil rahasia terdalam seseorang. Sekali lagi manusia disadarkan bahwa otaknya yang sampai saat ini masih dianggap sebagai misteri terbesar di dunia, merupakan sesuatu yang sangat luar biasa.


Don Cobb, adalah orang yang sangat ahli mengenai cara kerja mimpi dan unutk menyelesaikan pekerjaan yang paling sulit dan beresiko yang pernah diembankan kepadanya. Dia mengatur apa dan siapa saja yang dibutuhkan, seorang perancang karakter dan plot (Eames), pengatur waktu dan periset sasaran (Arthur), arsitek yang membangun detail dunia mimpi (Ariadne) dan ahli yang memformulasikan formula pengatur kedalaman tidur (Yusuf). Semuanya bekerja sama dalam sebuah misi bernama "Inception". Namun, hanya cobb yang tahu resiko apa yang menunggu mereka "di bawah sana".


Film ini menanamkan idenya pada penonton mengenai konsep waktu, kick, paradoks, limbo, totem, inspirasi, proyeksi, penciptaan dan lain sebagainya dengan cara yang lebih sederhana (meski butuh waktu juga untuk mencerna) dan dapat dimengerti. Juga terdapat pertanyaan yang bersifat filosofis, "Apa itu realita? Apa saja ukuran dari realita dan bagaimana kita yakin bahwa kita sedang berada dan menjadi bagian dari suatu realita?" Pertanyaan - pertanyaan ini bisa membuat anda merenung panjang, tanpa mendapatkan jawaban apapun.


Secara keseluruhan saya beri nilai A+ untuk film ini. Efek khusus yang mengesankan, plot yang menarik dengan suguhan aksi, humor dan drama yang diformulasikan dengan tepat. Tema dan karakter yang sama kuat dan saling mendukung untuk menciptakan kesempurnaan film ini (AliCE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar